Barista Tuh...?

     Mungkin kebanyakan teman ngopi masih pada mikir kalo barista itu ya cuma tukang bikin kopi. Barista itu cuma melayani teman ngopi yang pengen ngopi. Toh kenyataannya emang gitu kan. Kebanyakan teman ngopi kalodateng ke coffee shop; pesen kopi, terus duduk, ngobrol sambil nungguin kopinya. Kalo udah selesai ya pulang. 

Padahal pengertian barista tuh enggak hanya sebatas itu. Semua barista yang ada di coffee shop favorit teman ngopi bisa menjadi barista karena pengetahuan mereka akan kopi, kemampuan mereka bisa berdiskusi dengan teman ngopi, kemampuan mereka untuk mengedukasi tentang kopi ke teman ngopi, bisa membuat racikan kopi yang sesuai dengan keinginan teman ngopi, bahkan bisa jadi teman ngopi yang asik. 

Ini lah sebenernya pengertian tentang barista. Bukan hanya sekedar tukang bikin kopi. Seharusnya para barista tau banget tentang kopi. Terutama kopi yang ada di coffee shop tersebut. Mereka harus tau betul cara meracik kopi yang sesuai dengan keinginan teman ngopi. 

   Pasti teman ngopi udah pada tau kan kalo beda jenis kopi, rasa yang dihasilkan pasti beda. Nah, dari sini lah sang barista harus tau betul tentang karakter kopinya. Gimana caranya kalo coffee shop tersebut punya karakter kopi yang asem banget, tapi teman ngopi pengen kopi yang nendang banget atau pengen yang asemnya lebih smooth. Barista harus tau cara meraci- knya. And yes, kalian bisa request loh. Tapi tergantung dari jenis biji kopi yang ada ya. 

Barista juga bisa dibilang seniman. Karena tanpa jiwa seni, mana bisa barista bikin latte art di cappuccino/ latte kalian yang bentuknya tulip, swan, atau latte art lainnya. Bahkan sekarang ada tuh latte art 3D. Ini tantangan banget buat barista agar selalu bisa bikin seneng teman ngopi. 

Selain latte art, kalo teman ngopi masih pada bingung sama apa sih bedanya kopi di coffee shop samakopi dalam kemasan, seorang barista seharusnya tau apa jawabannya. Bahkan kalo teman ngopi pengen diajarin bikin kopi, barista pun harus bisa ngajarin. Karena itu lah barista yang sebenarnya.

Jadi, udah tau kan sebenernya barista itu apa? Nah, mulai sekarang kalo teman ngopi ke coffee shop bisa banget belajar tentang kopi sama baristanya. Mau sampe dapetin kontak baristanya juga gak apa-apa kok. Hehehe.. 

Selamat belajar kopi sama barista ya, teman ngopi! 

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code